JAKARTA, POSNEWS.CO.ID — Pada tahun 1961, Presiden AS sekaligus mantan Jenderal Bintang Lima, Dwight D. Eisenhower, menutup masa jabatannya. Dalam pidato perpisahannya, ia tidak berbicara tentang kemenangan perang, melainkan memberikan peringatan yang paling abadi dan meresahkan kepada bangsanya.
Ia menyebut adanya sebuah kekuatan baru yang sangat besar: “persenjataan permanen yang masif” dan “industri pertahanan yang proporsional”. Lebih lanjut, ia memperingatkan bahwa “kita harus menjaga agar Military-Industrial Complex (MIC) tidak memperoleh pengaruh yang tidak semestinya.”
Ini adalah peringatan langka dari seorang pemimpin militer tertinggi tentang bahaya simbiosis antara bisnis, politik, dan perang.
Simbiosis Segitiga Besi
MIC beroperasi melalui simbiosis yang kuat, sering para analis gambarkan sebagai “Segitiga Besi” (Iron Triangle). Sederhananya, ada tiga pemain utama yang saling menguntungkan:
- Industri Pertahanan (Kontraktor): Perusahaan swasta raksasa (seperti Lockheed Martin, Raytheon) mencari keuntungan. Untuk itu, mereka membutuhkan kontrak pemerintah bernilai miliaran dolar untuk membangun jet tempur, rudal, dan kapal induk.
- Militer (Pentagon/Departemen Pertahanan): Para jenderal dan petinggi militer menginginkan persenjataan terbaik, terbaru, dan tercanggih untuk mempertahankan keunggulan strategis.
- Politisi (Pemerintah/Kongres): Para politisi menerima dana kampanye dan dukungan lobi dari kontraktor pertahanan. Sebagai gantinya, mereka menyetujui anggaran pertahanan yang sangat besar untuk membeli senjata yang militer inginkan. Seringkali, kontrak ini diarahkan ke distrik kongres mereka untuk menciptakan lapangan kerja, sehingga politisi terlihat sukses.
Proses ini menciptakan ‘pintu putar’ (revolving door). Contohnya, seorang jenderal pensiun dan segera bergabung dengan dewan direksi kontraktor pertahanan. Atau, seorang pelobi industri ditunjuk menduduki jabatan penting di Departemen Pertahanan. Akibatnya, lobi menjadi sangat kuat dan kepentingan bisnis menjadi sulit dipisahkan dari kepentingan keamanan nasional.
Anggaran, Inovasi, dan Ekonomi Perang
Dampak ekonomi dari MIC sangat besar dan memiliki dua sisi:
Pertama, (transition) MIC menyedot sebagian besar anggaran diskresioner pemerintah. Di AS, anggaran pertahanan melebihi gabungan anggaran 10 negara berikutnya.
ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT
Namun, (transition) sisi lain dari anggaran besar ini adalah inovasi teknologi. Banyak teknologi sipil yang kita nikmati hari ini awalnya lahir dari riset militer yang didanai MIC. Internet (ARPANET), GPS, microwave, dan teknologi semikonduktor semua memulai hidup mereka dari investasi pertahanan.
Akan tetapi, (transition) ketergantungan ini menciptakan ‘ekonomi perang’. Beberapa analis berpendapat bahwa sebagian ekonomi membutuhkan konflik atau setidaknya ancaman konflik yang terus-menerus agar tetap sehat dan menguntungkan.
Konflik Kepentingan dan Perlombaan Senjata
Tentu saja, (transition) model ini menuai kritik tajam dari berbagai sisi:
- Konflik Kepentingan: Kritikus menyoroti adanya konflik kepentingan yang jelas. Jika pembuat kebijakan atau politisi memiliki saham di perusahaan senjata, apakah mereka mendorong diplomasi dengan sungguh-sungguh, atau mereka memiliki insentif finansial untuk melihat konflik terjadi?
- Mendorong Perlombaan Senjata: Selain itu, (transition) MIC secara inheren mendorong perlombaan senjata global. Penjualan senjata ke luar negeri menjadi alat kebijakan luar negeri yang utama. Sayangnya, penjualan ini seringkali memperburuk stabilitas regional dan jatuh ke tangan yang salah.
- Kurangnya Transparansi: Terakhir, (transition) industri ini beroperasi dengan dalih ‘keamanan nasional’. Akibatnya, transparansi anggaran dan audit menjadi minim, memungkinkan pemborosan besar-besaran dan over-charging (penagihan berlebih) atas barang-barang sederhana.
Kontraktor Raksasa
Meskipun (transition) analis paling sering mengasosiasikan MIC dengan AS, namun (transition) model ini ada di seluruh dunia dalam berbagai bentuk.
Raksasa kontraktor pertahanan mendominasi pasar global. Perusahaan seperti Lockheed Martin (AS, pembuat F-35), Raytheon/RTX (AS, pembuat rudal Patriot), BAE Systems (Inggris), Norinco (Tiongkok), dan Almaz-Antey (Rusia, pembuat S-400) meraup puluhan miliar dolar setiap tahun.
Mereka tidak hanya menjual ke pemerintah mereka sendiri, tetapi juga (transition) menjadi alat diplomasi luar negeri, di mana penjualan senjata mengikat aliansi antar negara.
Perlunya Pengawasan Publik
Pada akhirnya, (transition) peringatan Eisenhower enam dekade lalu tetap relevan. MIC bukanlah sebuah konspirasi jahat, melainkan (transition) sebuah sistem insentif yang kuat dan selaras antara kekuatan ekonomi, politik, dan militer. Sistem ini mendorong dirinya sendiri menuju anggaran yang lebih besar dan solusi militeristik atas masalah global.
Oleh karena itu, (transition) tantangannya adalah seperti yang Eisenhower katakan: “kewarganegaraan yang waspada dan terinformasi”. Hanya pengawasan publik yang ketat, pers yang bebas, dan lembaga pengawas yang kuat yang dapat menjaga agar “bisnis perang” ini tetap terkendali dan memastikan bahwa kebijakan nasional melayani perdamaian, bukan hanya keuntungan.
Penulis : Ahmad Haris Kurnia
Editor : Ahmad Haris Kurnia





















